Pelajaran Pertama tentang Bumi

EduComics-BUMIJudul: Aku Suka Belajar … Bumi

Ide cerita: DongaScience

Teks: Fourth Dimension

Ilustrasi: Lee Hangseon

Penerbit: PT Bhuana Ilmu Populer, Jakarta, 2009

Ukuran: 20,5 x 29 cm

Tebal: 65 halaman

Ini buku anak-anak pertama yang kuterjemahkan untuk BIP (PT. Bhuana Ilmu Populer). Pertama kali melihat buku asli yang dikirimkan kepadaku, aku langsung jatuh cinta melihat gambar-gambarnya yang lucu.Ā  Soalnya pada dasarnya aku suka gambar-gambar kartun sih šŸ™‚

Buku ini memperkenalkan serba-serbi bumi kepada anak-anak. Dalam mengemas informasi dan pengetahuan tentang bumi, para penulis buku ini memadukannya dengan cerita fiksi. Kali ini tokohnya bernama Mimi (Master), Bobo, dan Kera Sakti.Ā  Mimi dan Bobo adalah tamu yang datang dari asteroid dan hendak mengunjungi bumi. Namun, tak lama ketika mereka menginjakkan kaki di bumi, Kera Sakti menangkap mereka karena menganggap mereka siluman.Ā  Akhirnya, karena terbukti tidak membahayakan, Kera Sakti melepaskan Mimi dan Bobo lalu mereka berpetualang bersama dengan naik Awan Ajaib.Ā  Yipieee … mari kita berpetualang!

Dari perjalanan petualangan mereka inilah berbagai informasi dan pengetahuan tentang bumi diperkenalkan kepada anak-anak. Saat petualangan itu, Mimi, Bobo, dan Kera Sakti belajar tentang rotasi dan revolusi bumi, hukum gravitasi, daratan dan lautan di bumi, dasar laut, terjadinya gunung, kutub utara dan kutub selatan, dan masih banyak lagi. Masuknya unsur fiksi di dalam buku ini kurasa membuat anak-anak bisa belajar tanpa beban–sehingga pengetahuan yang mereka serap tidak mudah terlupa. Selain itu yang menarik adalah gambar-gambar yang ditampilkan di buku ini sangat membantu anak-anak lebih memahami apa yang sedang mereka pelajari. Misalnya, di halaman 24 digambarkan tentang Pangaea, yaitu kondisi daratan di zaman Paleozoikum, saat benua di bumi belum terpisah-pisah seperti sekarang ini. Dan juga dipaparkan juga gambar tiga jenis gunung berdasarkan umurnya (halaman 29).

Diterbitkan pertama kali dalam bahasa Korea dan diterbitkan dalam bahasa Indonesia oleh PT Bhuana Ilmu Populer, buku ini ditulis oleh Fourth Dimension (Nam Chunja, Yi Seunghi, Kim Eunyeoung), yaitu sekelompok penulis yang mengembangkan tulisan edukasi yang menarik bagi anak-anak. Buku komik sains mereka direkomendasikan oleh Menteri Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi. Ilustrasi buku ini dikerjakan oleh Lee Hangseon, seorang seniman yang suka menggambar ilustrasi, komik, dan animasi. Buku ini bisa dibaca untuk anak-anak mulai usia 5 atau 6 tahun.

6 thoughts on “Pelajaran Pertama tentang Bumi

  1. buku yg benar2 menarik…
    selain itu memuat informasi yg penting tt bumi, dan pastinya buku tsbt dikemas dgn sangat apik…

    Salam Hangat Selalu dari AbulaMedia

    1. halo, salam kenal juga… iya, temennya emi chan. teman sesama blogger … šŸ™‚ aku nggak tahu bisa dibeli via online apa enggak. tp kalau mau cari, di gramedia kurasa ada deh. soalnya penerbitnya satu grup dg gramedia…

Leave a comment