Yuk Belajar Tentang Robot

EduComics-ROBOTJudul: Aku Suka Belajar Robot
Ide cerita: DongaScience
Teks: Fourth Dimension
Ilustrasi: Jeong Jieun
Ukuran buku: 20,5 x 29 cm
Isi: 65 halaman
Penerbit: PT Bhuana Ilmu Populer, Jakarta, 2009

Kupikir aku tak punya robot di rumah. Tapi ketika menerjemahkan buku ini, aku jadi tahu bahwa aku ternyata menyimpan beberapa robot di rumah. Hehehe. Rupanya rice cooker dan komputer yang kupakai setiap hari itu termasuk robot. Alangkah bodoh dan ndesonya aku ya!

Buku ini dibuka dengan adegan Neo sedang bermain dengan dua robot mainannya, Maru dan Geo. Setelah kelelahan ketiganya beristirahat. Nah, rupanya ada seorang robot jahat android yang ingin menghancurkan manusia dan membangun dunia robot. Dan untuk mewujudkan keinginannya  itu dia menggunakan cara licik, yaitu memasang cip aneh dalam tubuh Maru dan Geo. Cip itu membuat Maru dan Geo melakukan perjalanan ke kota robot di masa depan. Bagaimana Maru dan Geo bisa menggagalkan cita-cita jahat robot android itu?

Di dalam buku ini dikisahkan petualangan Maru, Geo, dan Neo saat mengikuti sinyal cip yang dipasang oleh android. Selama perjalanan, mereka bertemu dengan berbagai macam robot, di antaranya robot humanoid, robot android, robot dokter, robot psikoterapi, robot militer, robot luar angkasa, dan robot nano. Dari perjumpaan dengan bermacam-macam robot itu, mereka jadi tahu bagaimana sejarah awal robot, bantuan di berbagai bidang yang diberikan robot kepada manusia, permainan robot, tiga aturan robot, dan sebagainya.

Ini memang buku anak-anak. Tetapi ketika menerjemahkannya, aku mendapat informasi yang cukup lumayan lo. Misalnya, aku baru tahu bahwa ternyata ada robot yang bisa mendapatkan energi dari makanan yang mengandung gula (halaman 57). Lalu, ternyata ada aturan yang dibuat oleh Isaac Asimov untuk mencegah agar robot yang pintar dan maju tidak memberontak melawan manusia di masa yang akan datang (halaman 59). Dan menyenangkan sekali bisa mendapatkan informasi dengan cara seperti itu. Aku mengacungkan jempol kepada tim penulis buku ini karena bisa menyajikan pengetahuan kepada anak-anak dengan cara membangun cerita fiksi dan memasukkan informasi ke dalamnya. Kurasa anak-anak akan menyukainya. Aku yang awalnya tidak tahu apa-apa soal robot, jadi tertarik 🙂

Buku ini pertama kali diterbitkan di Korea, lalu diterbitkan dalam bahasa Indonesia oleh PT Bhuana Ilmu Populer (BIP). Tim penulisnya adalah Fourth Dimension, yang merupakan sekelompok penulis yang mengembangkan tulisan edukasi yang menarik untuk anak-anak. Buku tulisan mereka ini direkomendasikan oleh Menteri Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi. Ilutrasi buku ini dikerjakan oleh Jeong Jieun, yang sudah suka menggambar sejak kecil. Buku ini bisa dibaca oleh anak-anak mulai usia 5 atau 6 tahun.

Advertisements

3 thoughts on “Yuk Belajar Tentang Robot

  1. asyik ya kalau buku pengetahuan ditulis (diterjemahkan) dalam bahasa sederhana dan berbau agak fiksi begitu…pasti lebih gampang dimengerti. masih ingat textbook pelajaran IPA waktu SD? kan garing….nggak gampang dipahami, gampang lupa lagi..(tapi kayaknya ini mah masalah otakku yang pentium 2) hihihi…

    nana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s