Apakah Kamu Cukup Berani untuk Memajang Tulisanmu?

Menulis itu butuh keberanian. Tidak hanya soal keterampilan dan isi, tetapi untuk menampilkan sebuah tulisan, butuh keberanian. Berani untuk malu, berani menerima kritik, berani diremehkan, dan seterusnya.

Beberapa teman rajin memuat postingan yang cukup panjang di FB. Kadang aku berpikir, kenapa mereka tidak menulis blog saja? Dengan blog, kita bisa menuangkan ide lebih banyak. Iya, sih FB sekarang juga bisa memajang tulisan yang cukup panjang, tetapi aku lebih suka menulis di blog dibanding di FB atau media sosial lain.

Dari tulisan-tulisan yang dipajang teman-temanku itu aku berpikir, untuk menulis dibutuhkan keberanian. Ini yang sepertinya tidak kupunyai. Mereka kadang menampilkan cerita yang kadang memalukan, tetapi tetap menarik.

Sementara itu, aku lebih suka menulis pendek-pendek saja di media sosial. Sisanya kupajang di blog yang lebih sering kudiamkan saja karena aku tidak suka tulisanku menjadi terlalu viral dan akhirnya berujung pada komentar-komentar pribadi yang juga ikut viral.

Kamu sendiri, apakah lebih suka menulis di akun media sosial dan senang kalau tulisan itu jadi viral?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s