Belajar Mengenal Silsilah Keluarga

Judul: Pohon Keluarga
Subjudul: Sejarah Keluargaku
Penulis: Nuria Roca
Ilustrasi: Rosa M. Curto
Penerjemah: C. Krismariana W.
Penyunting: Gabriella Felicia
Redesain: Iwan Adriansyah Hasibuan
Penerbit: PT Bhuana Ilmu Populer
Ukuran: 24 x 24 cm
Tebal: 36 halaman

Ini buku pertama dari seri Numbers of Life. Buku ini mengajak anak-anak belajar tentang keluarganya. Tidak hanya keluarga inti, tetapi juga keluarga besarnya. Tokoh dalam buku ini bernama Martin. Dia bercerita kakek dari pihak ayahnya berasal dari Jepang. Karena merantau ia lalu bertemu dengan Nenek Margaret. Kemudian lahirlah tiga anak: Bibi Helen, Paman Paul, dan ayah Martin.

Pengenalan tentang keluarga ini dapat membantu anak lebih kenal sejarah keluarga serta peristiwa penting dalam keluarga. Misalnya dalam keluarga Martin, sang kakek bertemu neneknya ketika peristiwa kebakaran. Kakek adalah petugas pemadam kebakaran, sedangkan neneknya adalah pembuat roti. Suatu kali terjadi kebakaran di toko roti. Dalam peristiwa itulah mereka bertemu lalu jatuh cinta.

Di bagian belakang ini terdapat aktivitas yang bisa dilakukan anak-anak, di antaranya membuat pohon keluarga, menggambar kerabat. Selain itu, di bagian paling akhir buku ini memuat catatan untuk orang tua. Jadi, ketika membaca buku ini anak dapat didampingi orang tua.

Menurutku, buku ini menarik. Kita jadi diajak menelusuri cerita kerabat kita, kakek-nenek, para buyut dan seterusnya. Namun, sepertinya kebiasaan membuat “pohon keluarga” itu lebih populer di Barat, ya? Di Indonesia sepertinya kurang. Bagaimanapun asyik juga sepertinya jika kita tahu kisah para leluhur kita. Siapa tahu leluhurku orang penting zaman dulu? Siapa tahu? Bisa membanggakan bukan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s